RAIHANPAHIMI

publish your book for free?AFF=9142

Friday 16 September 2016

KELEBIHAN BULAN MUHARAM



KELEBIHAN BULAN MUHARAM

ALLAH SWT berfirman (maksudnya), “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi ALLAH adalah 12 bulan sebagaimana ketetapan ALLAH ketika DIA menciptakan langit dan bumi. Di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (Surah at-Taubah, 9: 36)
Nabi SAW bersabda, “Waktu itu telah berputar sebagaimana biasa sejak ALLAH menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada 12 bulan, di antaranya empat bulan haram. tiga bulan berturut-turut, iaitu Zulkaedah, Zulhijah, Muharam, dan satu lagi ialah Rejab yang terletak di antara Jamadilakhir dan Syaaban.” (Hadis Riwayat al-Bukhari)
Muharam ialah bulan yang mulia dan ia memiliki keutamaannya tersendiri. Nabi SAW menyatakan Muharam ialah bulan ALLAH, dan puasa yang paling afdal setelah Ramadan ialah puasa dalam Muharam.
Kata Nabi SAW, “Puasa yang paling afdal setelah puasa Ramadan ialah puasa di bulan ALLAH, al-Muharam. Solat yang paling afdal setelah solat yang difardukan adalah solat pada malam hari.” (Hadis Riwayat Muslim)
Dalil-dalil ini semuanya menunjukkan kemuliaan di bulan haram, terutamanya Muharam. Selain itu, di dalamnya turut ditegaskan lagi akan larangan menganiaya diri. Ini menunjukkan perbuatan maksiat di bulan haram lebih diharamkan lagi berbanding bulan-bulan selainnya. Sebaliknya, amalan soleh pula akan diberikan ganjaran yang besar.
Hikmah bulan haram
Di antara hikmah dijadikan empat bulan haram di mana tiga bulan secara berturut-turut dan satu bulan lagi dengan menyendiri adalah bagi memberi ketenangan kepada umat Islam yang melaksanakan ibadah haji. Iaitu Zulkaedah merupakan satu bulan pertama sebelum bermulanya bulan haji. Seterusnya bulan Zulhijah di mana umat Islam disibukkan dengan ibadah haji dan melaksanakan manasiknya. Kemudian dijadikan bulan yang seterusnya juga sebagai bulan haram, iaitu Muharam supaya pada bulan tersebut mereka dapat kembali ke wilayah atau negara mereka masing-masing yang saling berjauhan secara aman.
Manakala Rejab yang berada di pertengahan tahun pula adalah supaya pada bulan tersebut umat Islam di sekitar Jazirah Arab dapat mengunjungi Kaabah dan melaksanakan umrah dengan aman. (Lihat: Tafsir Ibnu Katsir, 4/148)
Ini adalah kerana dalam bulan-bulan haram, umat Islam diharamkan untuk berperang melainkan sekiranya umat Islam lebih dahulu diserang atau diperangi. Pada ketika umat Islam lebih dahulu diserang, mereka dibolehkan untuk mempertahankan diri serta membuat serangan balas.
Amalan sunnah Muharam
Di antara amalan sunnah yang disebutkan secara khusus pada Muharam adalah berpuasa sunnah.
Sebagaimana disebutkan dalam hadis di atas, puasa yang paling afdal setelah puasa Ramadan adalah puasa Muharam. Maksud puasa dalam hadis tersebut adalah puasa sunnah secara umum. Memperbanyakkan amalan puasa sunnah dalam bulan ini (Muharam) terutamanya pada hari ke-10 Muharam adalah termasuk sunnah-sunnah yang sangat dianjurkan.
‘Abdullah B ‘Abbas r.a berkata, “Nabi tiba di Madinah dan beliau mendapati orang-orang Yahudi sedang berpuasa ‘Asyura (hari ke-10 Muharam).” Nabi bertanya, “Puasa apakah ini?”
Orang-orang menjawab, “Hari ini adalah hari yang baik, iaitu hari di mana ALLAH telah menyelamatkan bani Israel daripada kejahatan musuhnya, maka Musa pun berpuasa sebagai tanda syukur beliau kepada ALLAH dan kami pun turut serta berpuasa.
” Nabi SAW pun berkata, “Kami lebih berhak terhadap Musa daripada kamu semua.” Akhirnya Nabi pun berpuasa dan memerintahkan umat Islam untuk berpuasa.” (Hadis Riwayat al-Bukhari)
Sejarah penetapan puasa ‘Asyura mengalami beberapa fasa. Pada awalnya, ketika di Makkah Nabi berpuasa ‘Asyura tanpa memerintah orang lain untuk berpuasa. Kemudian apabila sampai di Madinah, beliau tetap terus berpuasa di hari Asyura dan memerintahkan umat Islam agar turut berpuasa.
Tetapi setelah perintah kewajiban berpuasa Ramadan turun, puasa pada hari Asyura menjadi sunnah dan tidak diwajibkan. Rasulullah mengatakan, “Sesiapa yang hendak berpuasa (pada hari Asyura), silakan berpuasa, bagi yang tidak berpuasa, juga tidak mengapa.” (Hadis Riwayat al-Bukhari)
Kemudian ketika di penghujung hayatnya, Rasulullah SAW bertekad untuk tidak hanya berpuasa pada hari Asyura (hari ke-10) Muharam, tetapi juga bertekad untuk puasa pada hari yang ke-9.
Ibnu ‘Abbas r.a berkata, “Ketika Nabi sedang berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan para sahabatnya untuk turut berpuasa, para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, hari Asyura adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashara.”
Maka Rasulullah SAW berkata, “Jika begitu, tahun depan insya-ALLAH kita puasa sekali pada hari yang ke sembilannya.” Ibnu ‘Abbas berkata, “Tetapi belum sempat sampai tahun depan, beliau telah wafat terlebih dahulu.” (Hadis Riwayat Muslim)
Dari hadis ini, umat Islam tidak hanya disunnahkan agar berpuasa di hari ke-10 Muharam atau dikenali sebagai hari Asyura, tetapi juga turut disunnahkan agar berpuasa pada hari ke sembilan Muharam.
Rasulullah mengisyaratkan tentang kelebihan puasa ‘Asyura sebagaimana sabdanya, “Adapun puasa di hari Asyura, aku memohon kepada ALLAH agar ia dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (Hadis Riwayat Muslim)


Sumber: Islam Itu Indah

Bagaimana menghadapi suami yang garang dan tidak bertanggung jawab



Menghadapi suami garang dan tidak bertanggung jawab
                           
Kisah benar.

Saya adalah seorang wanita muslimah berusia 35 tahun telah berkahwin dan mempunyai 3 orang anak. Perkahwinan kami telah berlangsung sejak 14 tahun, suami saya seorang yang garang dan sangat kasar, sering memaki saya, perkataan “anjing” atau “ binatang” kepada saya sering diucapkan, padahal saya hanya melakukan kesalahan yang kecil sahaja. Suami seorang yang kedekut, semua wang akan disimpan olehnya, saya tidak tahu berapa jumlah wang simpannnya. Saya sudah tidak tahan lagi dengan perangai suami yang  garang dan tidak bertanggung jawab ini, apakah atas dasar ini membolehkan saya memohon cerai. Tolong beri nasihat.

Penyelesaian:
Kisah diatas adalah lumrah beraku dikalangan masyarakat kita, walaupun tidak semua suami berperangai jahat dan tidak bertanggung jawab, tetapi situasi sebegini memang banyak juga berlaku dan yang menjadi mengsa ialah isteri dan anak-anak.
Jalan penyelesaian bagi wanita yang menghadapi situasi sebegini adalah melalui beberapa tindakan berikut:

Pertama; Mari melihat ke bawah
Jika kita menghadapi kesulitan urusan dunia, sikap terbaik yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah selalu melihat ke bawah, bukan ke atas. Mendapat nikmat duniawi atau tertimpa kesusahan duniawi sikap terbaik yang patut kita ada ialah dengan  melihat ke bawah, kerana jika seorang hamba mendapat nikmat lalu dia melihat ke atas, maka akan timbul ketidakpuasan dan iri hati, sementara jika mendapat kesusahan lalu melihat ke atas, maka akan timbul sikap keluh kesah dan meratapi nasib. Sikap-sikap semacam ini dicela oleh syariat kerana merupakan cermin kegagalan kita untuk bersyukur dan ketidaksanggupan untuk bersikap tabah dalam menghadapi ujian Allah.
Jika seorang hamba mendapat nikmat sebuah motosikal, maka jangan melihat orang yang punyai kereta, kerana hal itu akan menimbulkan ketidakpuasan atas memiliki motosikal tersebut dan sikap iri hati atau malah dengki dengan pemilik kareta akan timbul. Yang lebih tepat adalah melihat orang yang berjalan kaki, yang tidak mampu membeli motorsikal, kerana sikap ini akan menimbulkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan  oleh Allah dengan motorsikal tersebut.
Jika seorang hamba diberi rupa paras yang biasa sahaja, maka jangan melihat kepada orang yang   berwajah catik rupawan, kerana itu boleh membuatkan iri hati dan meratapi nasib, tetapi lihatlah kepada orang  lebih buruk rupa, cacat penglihatan, atau ditimpa penyakit mengerikan  yang tidak sembuh-sembuh. Sikap ini menanam rasa syukur atas nikmat rupa paras  yang diberikan oleh Allah keapda kita.
Demikian pula apabila  menghadapi suami yang kasar dan tajam lidah serta tidak bertanggung jawab, lihatlah ke bawah. Lihatlah di luar sana masih banyak dari kalangan kita yang  rumah tangga  mereka yang punyai  suami yang jauh lebih jahat dan kejam. Ada yang gemar  meludahi isterinya, memukul, menendang, bahkan mendera sehingga maut. Lebih kejam lagi setelah dibunuh si suami membakar mayat untuk menghilangkan bukti. Boleh jadi jika saudari menjadi isteri kepada suami jenis itu, saat ini saudari sudah tinggal nama saja kerana telah berpindah ke alam baka. Yakinlah, bahwa sejahat-jahat suami, masih ada yang lebih jahat lagi. Sejahat-jahat suami, kejahatannya tidaklah sejahat fir’aun yang menyiksa sendiri isterinya; Asiyah. Fir’aun menyiksa istrinya sehingga mati. Seperti inilah cara bersikap yang diajarkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam; melihat ke bawah, agar seorang hamba selalu dapat  bersyukur atas nikmat yang diberikan  oleh Allah dan tidak meremehkan nikmat pemberian-Nya betapapun kecilnya nikmat tersebut. Imam Muslim meriwayatkan;
صحيح مسلم (14/ 213)
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ انْظُرُوا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلَا تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لَا تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ
 Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda: “Pandanglah orang yang berada dibawah kamu, jangan memandang yang ada di atas kamu, kerana hal itu lebih layak  membuat kamu tidak meremehkan  nikmat Allah (H.R.Muslim)

Kedua;  Perlu diingat bahwa hidup ini adalah untuk beramal
Jangan lupa bahwa semua yang dialami, yang dirasakan, yang didapatkan dan yang hilang, semuanya itu tidak lebih hanyalah “alat’ untuk menguji amal seseorang hamba. Allah menjelaskan bahwa Dia menciptakan hidup dan mati adalah untuk menguji manusia. Allah berfirman;
{الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا } [الملك: 2]
Dialah yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalannya (Al-Mulk;2)

Semua pemberian dunia dari Allah  kepada seorang hamba adalah untuk dilihat bagaimana hamba tersebut beramal dengan cara yang diperintahkan Allah. Kereta,  tanah, rumah, harta kekayaan, wang dalam simpanan, suami, anak, kedudukan, kuasa dan semua yang bersifat duniawi diberikan Allah untuk menguji apakah seorang hamba sanggup menggunakan semua pemberian itu untuk beramal soleh yang diridhai Allah atau tidak. Imam Muslim meriwayatkan;
صحيح مسلم (13/ 286)
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرَةٌ وَإِنَّ اللَّهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُونَ

Dari Abu Sa’id Al Khudri dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya dunia itu manis. Dan sesungguhnya Allah telah menunjuk kamu sebagai Khalifah (dengan cara membuat kamu menguasainya) didalamnya. Kemudian Allah memperhatikan bagaimana kamu beramal (H.R.Muslim)

Kesusahan, kesedihan, kegawatan, kesengsaraan, keperihan, ketakutan, kecemasan, kekhawatiran, dan sebagainya yang terhasil akibat dari perhubungan  sesama manusia juga tidak lepas dari ujian  untuk tentukan tahap  amal dan taqwa. Semua perasaan yang muncul akibat berinteraksi dengan sesama manusia adalah bentuk ujian untuk menguji ketabahan. Allah berfirman;
{وَجَعَلْنَا بَعْضَكُمْ لِبَعْضٍ فِتْنَةً أَتَصْبِرُونَ} [الفرقان: 20]
dan Aku jadikan sebahagian dari kamu cubaan bagi sebahagian yang lain. Bolehkah kamu tabah? (Al-Furqon; 20)
 Jadi, kalaupun saudari susah, maka ingatlah bahwa saudari  bukanlah  satu-satunya orang yang susah di dunia ini. Jika sudari merasa tersiksa, ingatlah bahwa saudari bukanlah satu-satunya orang yang tersiksa di dunia ini. Jika saudari merasa menderita ingatlah bahwa saudari bukanlah satu-satunya orang yang menderita didunia ini apalagi paling menderita. Allah tahu semua itu. Allah mengawasi semua gerak-geri hamba-Nya. Tidak ada satupun yang luput dari pengawasan Allah di bawah bumbung langit ini. Sehelai daun yang jatuh dari pepohonanpun Allah Maha mengetahui.
Ingatlah saudari, sesungguhnya di dunia ini ada jutaan orang menderita dan sengsara, tetapi tidak semuanya menjadi mulia disisi Allah.
Seorang hamba yang beriman, akan  menyulap penderitaan menjadi kemuliaan, empedu menjadi madu, dan duka menjadi ceria.
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah dicaci, dimaki, dituduh gila, difitnah, diusir, dan dihinakan sebelum beliau berhijrah ke Madinah. Akirnya baginda diagungkan oleh berbilion  manusia di bumi ini.
 Nabi Yusuf pernah dimasukan dalam perigi buta oleh saudaranya. Dijual sebagai budak suruhan, difitnah berzina dengan isteri majikannya, disubat ke dalam penjara sebelum diangkat menjadi Menteri  dan memperoleh kemuliaan Nubuwwah. Imam As-Sarokhsi dilemparkan ke  dalam perigi sebelum berjaya mengarang kitab fikihnya yang terbesar Al-Mabsuth yang terdiri dari 30 ju. Hamka dipenjara sebelum dia akhirnya menerbitkan karya terbesarnya tafsir Al-Azhar. Semuanya adalah orang-orang yang diuji dengan kesusahan dan penderitaan, tetapi sanggup menghadapinya dengan tabah dan sabar dan  akhirnya menjadikan mereka  orang-orang yang mulia kerana mereka mengetahui ujian semua itu adalah medan untuk mereka beramal dan berbakti kepada Allah.
Janganlah sampai kita tergolong orang yang rugi di akhirat.  Sudahlah di dunia menderita di uji, diakhirat juga turut rugi. Orang-orang yang tergolong kelompok ini adalah orang-orang yang menyikapi hidup tanpa iman dan tidak menjadikan  dugaan kehidupan itu sebagai landasan untuk beramal. Tujuan hidupnya hanya  memburu kebahagiaan duniawi tanpa peduli bagaimana membangun mahligainya di akhirat. Mereka akan lakukan apa saja untuk habuan kepetingan dunia tanpa mempedulikan syariat Allah.

Persoalan amal apakah yang boleh dilakukan oleh seorang wanita jika berkebetulan memiliki suami yang jahat? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan ini harus diketahui terlebih dahulu hak suami atas isteri menurut Allah dan RasulNya.

Ketiga; memahami hak suami atas istri menurut syariat.
Sesungguhnya syariat Islam menjadikan amal berbakti kepada suami sebagai amal utama bagi seorang wanita yang telah menjadi  isteri dan terikat dalam ikatan pernikahan. Imam Ahmad meriwayatkan;
مسند أحمد (4/ 85)
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّتْ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ
Dari Abdurrahman bin Auf berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila seorang isteri melaksanakan solat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadan, menjaga kemaluannya dan ta’at kepada suaminya, niscaya akan dikatakan kepadanya; ‘Masuklah kamu ke dalam syurga dari pintu mana saja yang kamu inginkan (H.R.Ahmad).
Dalam hadis di atas dijelaskan jika seorang wanita menunaikan hak Allah dengan melakukan solat lima waktu, berpuasa Ramadan dan menjaga kemaluannya, lalu menunaikan hak hamba dengan berbakti kepada suaminya, maka amal tersebut sudah cukup menjadi tiket untuk memasuki syurga dari pintu manapun yang dikehendakinya. Hal ini menunjukkan bahwa amal berbakti kepada suami adalah amal terbesar bagi seorang wanita, kerana hak hamba yang wajib ditunaikan wanita adalah banyak seperti hak orang tua, hak kerabat, hak tetangga, hak fakir miskin, hak anak yatim,hak kaum muslimin dll.
Namun diantara sekian hak hamba yang seharusnya ditunaikan oleh seorang wanita, pelaksanaan salah satu hak hamba iaitu hak suami untuk ditaati ternyata sudah cukup untuk menjamin wanita masuk syurga setelah dia menunaikan hak-hak Allah seperti solat dan puasa.
Dalam hadis yang lain, Nabi juga mengajarkan kepada wanita bahwa suami adalah syurga bagi  isteri. Ertinya, jika seorang isteri benar dalam memperlakukan suami, maka dia berhak mendapatkan syurga, tetapi jika salah dalam memperlakukan suami maka dia layak dimasukkan ke dalam neraka. Imam Ahmad meriwayatkan;
مسند أحمد (55/ 350)
عَنْ حُصَيْنِ بْنِ مِحْصَنٍ
أَنَّ عَمَّةً لَهُ أَتَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي حَاجَةٍ فَفَرَغَتْ مِنْ حَاجَتِهَا فَقَالَ لَهَا أَذَاتُ زَوْجٍ أَنْتِ قَالَتْ نَعَمْ قَالَ فَأَيْنَ أَنْتِ مِنْهُ قَالَ يَعْلَى فَكَيْفَ أَنْتِ لَهُ قَالَتْ مَا آلُوهُ إِلَّا مَا عَجَزْتُ عَنْهُ قَالَ انْظُرِي أَيْنَ أَنْتِ مِنْهُ فَإِنَّهُ جَنَّتُكِ وَنَارُكِ

“Dari Husain bin Mihshan bahwa isterinya datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan menyampaikan keperluannya, beliau lalu bertanya: “Apakah kamu memiliki suami?” Dia menjawab, “Ya.” Beliau bertanya lagi: “Bagaimana sikapmu terhadapnya?” dia menjawab, “Aku tidak menunda-nunda (memenuhi keinginannya) kecuali kerana aku sudah tidak mampu lagi.” Kemudian beliau bersabda: “Lihatlah di mana kedudukanmu darinya kerana sesungguhnya dia adalah Syurga dan Nerakamu.(H.R.Ahmad)
Nabi memberitahu bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah wanita, dan sebab yang membuat mereka masuk neraka kebanyakan adalah kerana kufur terhadap suami. Bukhari meriwayatkan;
صحيح البخاري (1/ 50)
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ
قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُرِيتُ النَّارَ فَإِذَا أَكْثَرُ أَهْلِهَا النِّسَاءُ يَكْفُرْنَ قِيلَ أَيَكْفُرْنَ بِاللَّهِ قَالَ يَكْفُرْنَ الْعَشِيرَ وَيَكْفُرْنَ الْإِحْسَانَ لَوْ أَحْسَنْتَ إِلَى إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ ثُمَّ رَأَتْ مِنْكَ شَيْئًا قَالَتْ مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ

Dari Ibnu ‘Abbas berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Aku diperlihatkan neraka, ternyata kebanyakan penghuninya adalah wanita yang  kufur“. Ditanyakan: “Apakah mereka kufur terhadap  Allah?” Beliau bersabda: “ (tidak tetapi) Mereka kufur terhadap suami, dan kufur terhadap kebaikan. Seandainya kamu berbuat baik terhadap seseorang dari mereka sepanjang masa, lalu dia melihat satu saja keburukan darimu maka dia akan berkata: ‘aku belum pernah melihat kebaikan sedikitpun darimu (H.R.Bukhari)
Begitu besarnya hak suami, sampai Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengumpamakan seandainya beliau diizinkan memerintahkan seseorang bersujud kepada orang lain niscaya beliau akan memerintahkan seorang wanita bersujud kepada suaminya. Ahmad meriwayatkan;
مسند أحمد (25/ 199)
عَنْ حَفْصٍ عَنْ عَمِّهِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ
كَانَ أَهْلُ بَيْتٍ مِنْ الْأَنْصَارِ لَهُمْ جَمَلٌ يَسْنُونَ عَلَيْهِ وَإِنَّ الْجَمَلَ اسْتُصْعِبَ عَلَيْهِمْ فَمَنَعَهُمْ ظَهْرَهُ وَإِنَّ الْأَنْصَارَ جَاءُوا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا إِنَّهُ كَانَ لَنَا جَمَلٌ نُسْنِي عَلَيْهِ وَإِنَّهُ اسْتُصْعِبَ عَلَيْنَا وَمَنَعَنَا ظَهْرَهُ وَقَدْ عَطِشَ الزَّرْعُ وَالنَّخْلُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَصْحَابِهِ قُومُوا فَقَامُوا فَدَخَلَ الْحَائِطَ وَالْجَمَلُ فِي نَاحِيَةٍ فَمَشَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ فَقَالَتْ الْأَنْصَارُ يَا نَبِيَّ اللَّهِ إِنَّهُ قَدْ صَارَ مِثْلَ الْكَلْبِ الْكَلِبِ وَإِنَّا نَخَافُ عَلَيْكَ صَوْلَتَهُ فَقَالَ لَيْسَ عَلَيَّ مِنْهُ بَأْسٌ فَلَمَّا نَظَرَ الْجَمَلُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَقْبَلَ نَحْوَهُ حَتَّى خَرَّ سَاجِدًا بَيْنَ يَدَيْهِ فَأَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِنَاصِيَتِهِ أَذَلَّ مَا كَانَتْ قَطُّ حَتَّى أَدْخَلَهُ فِي الْعَمَلِ فَقَالَ لَهُ أَصْحَابُهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَذِهِ بَهِيمَةٌ لَا تَعْقِلُ تَسْجُدُ لَكَ وَنَحْنُ نَعْقِلُ فَنَحْنُ أَحَقُّ أَنْ نَسْجُدَ لَكَ فَقَالَ لَا يَصْلُحُ لِبَشَرٍ أَنْ يَسْجُدَ لِبَشَرٍ وَلَوْ صَلَحَ لِبَشَرٍ أَنْ يَسْجُدَ لِبَشَرٍ لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا مِنْ عِظَمِ حَقِّهِ عَلَيْهَا وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَوْ كَانَ مِنْ قَدَمِهِ إِلَى مَفْرِقِ رَأْسِهِ قُرْحَةً تَنْبَجِسُ بِالْقَيْحِ وَالصَّدِيدِ ثُمَّ اسْتَقْبَلَتْهُ فَلَحَسَتْهُ مَا أَدَّتْ حَقَّهُ
“Dari Hafs dari bapa saudaranya, Anas bin Malik berkata, “Ada sebuah keluarga dari kaum ansar yang memiliki seekor unta yang mereka gunakan untuk menyiram ladang, hanya  itu sahaja unta tersebut tiba-tiba merasa sulit bagi kami untuk mejinakkannya dan mengelak dari kami untuk ditunggangi, maka orang-orang ansar datang kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam dan berkata: “Wahai Nabi Allah! sesungguhnya ada seekor unta yang kami gunakan untuk menyiram ladang hanya saja tiba-tiba unta tersebut merasa sulit bagi kami untuk menjinakkannya dan mengelak dari kami untuk ditunggangi, padahal tanaman-tanaman serta pohon-pohon kurma kami dilanda kekeringan.” Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam bersabda, “Berdirilah kamu “, lalu mereka berdiri, dan masuk ke dalam kebun sedangkan unta tersebut telah berada di sebuah tepi, maka Nabi Shallallahu’alaihi wa Sallam berjalan ke arahnya dan orang-orang anshar berkata: “Wahai Nabi Allah, sesungguhnya unta tersebut menjadi seperti anjing yang galak dan kami takut jika dia menerjang tuan”, maka Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam bersabda, “Saya tidak ada masalah dengan unta ini”, dan tatkala unta tersebut melihat Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam dia berjalan ke arah beliau Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam kemudian jatuh dengan bersujud di depannya lalu Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam menyentuh ubun-ubunnya dan menjinakkannya dengan suatu hal yang belum pernah terjadi sebelumnya hingga beliau Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam mempekerjakan unta tersebut. Maka para sahabat berkata kepada beliau Shallallahu’alaihi wa Sallam: wahai Rasulullah sesungguhnya binatang ini tidak memiliki akal namun dia bersujud kepada Tuan sedangkan kita adalah manusia yang berakal maka kita lebih berhak untuk bersujud kepada Tuan, maka Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam bersabda: “Tidak boleh seorang manusia bersujud kepada manusia, dan jikalau boleh seorang manusia bersujud kepada manusia niscaya saya akan memerintahkan seorang wanita untuk bersujud kepada suaminya kerana besarnya hak suami terhadapnya, demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya seandainya seorang suami memiliki luka dari ujung kaki hingga ujung kepala yang mengalirkan nanah atau darah kemudian si isteri menghadapinya hingga menjilatinya, maka hal itu belum memenuhi seluruh haknya kepadanya” (H.R.Ahmad)
Nabi memuji wanita yang selalu berusaha memperoleh redha suaminya baik dalam keadaan zalim maupun dizalimi. An-Nasai meriwayatkan;
سنن النسائي الكبرى (5/ 361)
 عن عبد الله بن عباس قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ألا أخبركم بنسائكم من أهل الجنة الودود الولود العؤود على زوجها التي إذا آذت أو أوذيت جاءت حتى تأخذ بيد زوجها ثم تقول والله لا أذوق غمضا حتى ترضى
“Dari Abdullah bin Abbas beliau berkata; Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda; Tidakkah aku beritahu kalian tentang wanita-wanita kalian yang termasuk penghuni surga? Yang penyayang, subur, dan banyak memberi manfaat kepada suaminya…yang jika menyakiti atau disakiti dia datang lalu mengambil tangan suaminya kemudian berkata; demi Allah, aku tidak akan tidur sebelum engkau redha” (H.R.An-Nasai)
Sebaliknya beliau juga mencela wanita yang tidak  berterima kasih kepada suaminya dengan mengatakan bahwa wanita-wanita semacam itu tidak dilihat dan diperhatikan Allah. An-Nasai meriwayatkan;
سنن النسائي الكبرى (5/ 354)
عن عبد الله بن عمرو قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : لا ينظر الله إلى امرأة لا تشكر لزوجها وهي لا تستغني عنه
“Dari Abdullah bin  ‘Amr beliau berkata; Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda; Allah tidak melihat seorang wanita yang tidak  berterima kasih kepada suaminya padahal dia mempunyai suami” (H.R.An-Nasai)
Nabi menjamin, jika seorang wanita benar dalam memperlakukan suaminya, lalu wanita tersebut mati dalam keadaan suaminya redha kepadanya, maka wanita tersebut akan dimasukkan ke dalam surga. At-Tirmidzi meriwayatkan;
سنن الترمذى (4/ 388)
عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّمَا امْرَأَةٍ مَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَنْهَا رَاضٍ دَخَلَتْ الْجَنَّةَ

“Dari Umu Salamah berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Wanita manapun yang meninggal dan suaminya dalam keadaan redha (kepadanya), niscaya dia masuk surga (H.R.At-Tirmidzi).”
Dengan besarnya hak yang dimiliki suami seperti ini maka wajarlah jika Islam memberikan hak memilih suami itu sepenuhnya kepada wanita. Siapapun tidak berhak mempengaruhi pilihan suami seorang wanita, apalagi memaksanya. Jika seorang wanita  menikah kerana dipaksa (meski oleh orang tuanya), maka syariat memberi  hak Khiyar (memilih) antara melanjutkan pernikahan atau membatalkannya. Ketidaktaatan seorang wanita kepada orangtuanya dalam hal memilih calon suami tidak tergolong kedurhakaan, dan malah jika ayah (yang menjadi wali wanita) menghalang-halangi wanita menikah dengan lelaki pilihannya maka ayah tersebut dianggap telah melakukan ‘Adhl (mempersulit pernikahan) yang diharamkan syariat, dan statusnya menjadi orang fasik yang ditolak persaksiannya dan gugur hak perwaliannya. Allah berfirman;
{فَلَا تَعْضُلُوهُنَّ أَنْ يَنْكِحْنَ أَزْوَاجَهُنَّ إِذَا تَرَاضَوْا بَيْنَهُمْ بِالْمَعْرُوفِ} [البقرة: 232]
Maka janganlah kamu (para wali) menghalangi mereka kahwin lagi dengan bakal suaminya, apabila telah terdapat saling redho di antara mereka dengan cara yang ma’ruf. (Al-Baqarah;232)
Kerana itu, dengan memahami kisah-kisah  diatas bolehlah difahami bahwa hak suami adalah hak yang besar, dan amal utama seorang wanita yang telah berumah tangga adalah berbakti kepada suaminya. Seorang wanita bebas memilih siapapun yang akan jadi suaminya, tetapi jika sudah menikah dengan lelaki pilihannya, maka dia perlu  bertanggung jawab berbakti semaksima mungkin kepada suaminya. Wanita tidak boleh menyalahkan orang lain jika suami  jahat yang dikahwini  adalah hasil pilihannya sendiri.
Oleh itu saudari tidak boleh menyesali pernikahan yang  sudah terjadi dan anak-anak telah lahir. Lebih bijaksana jika memahami bahwa suami yang jahat adalah bentuk ujian Allah, dan ujian apapun yang dihadapi pasti berada ditahap yang disanggupi kerana Allah tidak pernah membebani hamba kecuali sekadar kesanggupannya, dan setiap insan akan mendapatkan sesuai  dengan apa yang diusahakannya.  Allah berfirman;
{ لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ} [البقرة: 286]
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Al_Baqarah-286)

Selanjutnya, setelah mengetahui besarnya hak suami dan amal utama seorang wanita untuk berbakti, harus diketahui bekal utama untuk menjalankan amal tersebut yaitu; Sabar (ketabahan)
Keempat; menghadapi dengan Sabar
Harus difahami terlebih dahulu bahwa jahatnya pasangan tidak menunjukkan buruknya kita. Jahatnya pasangan juga tidak boleh menjadi alasan agar kita tidak menjadi hamba yang soleh. Asiyah, suaminya jahat yaitu Fir’aun, tetapi Asiyah adalah wanita solehah yang jelas dijamin masuk syurga oleh Allah. Nabi Nuh isterinya Kafir, namun hal itu tidak menjadi alasan Nabi Nuh menjadi tidak soleh. Pasangan hidup tidak lebih hanya ujian hidup. Apa yang didapatkan itulah yang dihadapi.
Memang menjadi idaman setiap wanita untuk mendapatkan suami yang soleh, yang lembut, setia, memahami, bertutur kata halus dan lemah lembut, berilmu, membimbing, bertanggungjawab dan kriteria-kriteria ideal  yang lainnya. Namun harus diingat, saat ini kita hidup di dunia, bukan di syurga. Dunia adalah tempat ujian, bukan tempat pembalasan. Kerana itu sebaik-baik suami tentu tetaplah ada sedikit kekurangannya, dan seburuk-buruk suami tentu  ada sedikit kebaikannya. Setiap kali wanita bertemu dengan situasi tidak ideal dalam rumah tangga yang menyusahkannya akibat perlakuan suami, maka sebaik-baik sikap adalah sabar (tabah). Kesusahan yang dihadapi dengan sabar kerana semata-mata ingin memperoleh redha Allah, akan menghapuskan dosa dan kesalahan seorang hamba. Bukhari meriwayatkan;
صحيح البخاري (17/ 374)
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلَا وَصَبٍ وَلَا هَمٍّ وَلَا حُزْنٍ وَلَا أَذًى وَلَا غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا إِلَّا كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ

“Dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan keletihan, kehawatiran dan kesedihan, dan tidak juga gangguan dan kesusahan bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya.(H.R.Bukhari)“

Terhapusnya dosa bermakna bersihnya diri. Bersihnya diri dan kesucian jiwa akan membuat seorang hamba dicinta Rabbnya. Jika seorang hamba sudah dicintai Rabbnya maka doanya akan didengar, keperluannya akan dipenuhi, dilindungi dari marabahaya, dan dibela jika disakiti. Boleh jadi juga dengan kedekatan kepada Allah seorang wanita boleh membuat keajaiban, yakni menjadi perantara suaminya menjadi orang soleh sebagaimana dirinya. Kisah-kisah keajaiban dalam rumah tangga semacam ini cukup banyak di  dalam masyarakat.
Jadi yang dilakukan bukan meratapi nasib dan menyesali diri, tetapi berbuat, beramal, dan berusaha semaksima mungkin setakat yang dimampui dan keupayaannya. Asiyah isteri Firaun adalah contoh terbesar seorang wanita yang berjaya beramal dengan benar, meskipun bersuamikan seorang yang jahat. Asiah telah berhasil melewati episode hidup di dunia ini dengan sempurna dan telah dijamin masuk syurga kerana dengan sikap hidupnya yang benar. Hendaknya Asiyah ini benar-benar menjadi teladan. Allah berfirman;
{وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا امْرَأَتَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ} [التحريم: 11]

 dan Allah membuat isteri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: “Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim (At-tahrim;11).
Namun, kadang-kadang persoalan dalam rumah tangga telah mencapai level berat sehingga sulit diselesaikan dengan baik. Kerana itu Islam memberikan solusi talak. Hanya saja Allah membenci dan tidak menyukai talak meskipun memubahkannya. Talak hendaknya dijadikan solusi terakhir jika persoalan sudah tidak mungkin lagi diselesaikan dengan cara baik-baik.
Seorang wanita hendaknya juga perlu berhati-hati dalam meminta talak, kerana meminta talak dengan alasan yang tidak benar adalah haram dan pelakunya diancam tidak akan mencium baunya surga. Imam Ahmad meriwayatkan;
مسند أحمد (45/ 360)
عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّمَا امْرَأَةٍ سَأَلَتْ زَوْجَهَا الطَّلَاقَ مِنْ غَيْرِ مَا بَأْسٍ فَحَرَامٌ عَلَيْهَا رَائِحَةُ الْجَنَّةِ

Dari Tsauban berkata; Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam bersabda; “Siapa pun wanita yang meminta talak pada suaminya tanpa alasan maka bau syurga haram baginya.”(H.R.Ahmad)
Alasan yang dibenar untuk meminta Tafriq (pemisahan ikatan pernikahan oleh Hakim) yang tidak haram adalah seperti suami tidak memberi nafkah, suami gila, suami terkena penyakit yang berbahaya jika hidup bersama dan seumpamaya. Jika sekadar kasarnya ucapan, maka hal itu belum cukup untuk membolehkan wanita meminta Tafriq. Jadi, menghadapi dengan sabar sebagaimana dianjurkan oleh Islam  adalah sikap yang paling bijaksana, lebih-lebih lagi saudari telah mempunyai tiga orang anak, perceraian  secara tidak langsung akan mempengaruhi perkembangan psikologi anak-anak. Mudah-mudahan Allah memberi taufiq ketabahan kepada saudari.
Kesimpannya setiap apa yang berlaku terhadap kita adalah satu ujian dari Allah, jika kita dapat hadapi dengan sabar dan penuh redha, maka kita akan memperolehi paha dan yakinlah Allah akan memberi kita kebahagian dan keceriaan setelah melalui segala ujian yang getir itu, In sya Allah.

Wallahualam


Sumber:
 Muhammad Muafa