Pada kelaziamannya kebanyakan dari kita memahami bahawa hari
wukuf adalah hari untuk berdoa dan mohon ampun oleh para Jemaah haji yang
menjadi tetamu Allah di Makkah. Oleh itu ramai daripada kita yang membiarkan
hari arafah berlalu begitu sahaja. Kita lebih menumpukan untuk berhari raya
kurban untuk menjalankan ibadah kurban.
Sedangkan hari arafah atau hari wukuf adalah diantara hari
yang mustajab doa dan Allah akan memberi keampunan kepada hambaNya yang mohon
keampunan dengan penuh ikhlas dan tawadud.
Terdapat beberapa dalil yang menunjukkan keutamaan berdoa di
hari arafah, diantaranya,
Hadis dari A’isyah radhiyallahu ‘anha, bahwa
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ
مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللهُ
فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ،
مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ
لَيَدْنُو، ثُمَّ يُبَاهِي بِهِمِ
الْمَلَائِكَةَ، فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلَاءِ؟
“Tidak ada hari dimana Allah paling banyak membebaskan
hamba dari neraka selain hari Arafah. Dia mendekati mereka, lalu dia banggakan
mereka di hadapan para malaikat, dengan berfirman: Apa yang mereka inginkan?”
(HR. Muslim no. 1348).
Kemudian, hadis dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu
‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
خَيْرُ
الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ
”Sebaik-baik doa adalah doa hari arafah.” (HR.
Turmudzi 3585 dan dihasankan oleh al-Albani dalam Shahih at-Targhib no. 1536)
Juga diriwayatkan dari Thalhah bin Ubaid bin Kuraiz, beliau
mengatakan,
أَفْضَلُ
الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ
“Doa yang paling utama adalah doa hari arafah.” (HR.
Malik dalam al-Muwatha’ 2/300, dan al-Jauhari mengatakan, Hadis ini mursal –
keterangan tabiin –).
Apakah ini khusus jamaah haji atau Umum untuk semua
Muslim?
Ulama berbeda pendapat tentang keutamaan doa pada hari arafah,
apakah keutamaan doa ini khusus berlaku untuk jamaah haji ataukah berlaku umum
untuk semua kaum muslimin di selurun penjuru dunia?
Sebahagian Malikiyah menyatakan bahwa keutamaan ini khusus
berlaku untuk jamaah haji yang sedang wukuf di arafah. Imam al-Baji – ulama
madzhab Maliki – (w. 474 H) mengatakan,
قوله :
” أفضل الدعاء يوم عرفة
” يعني : أكثر الذكر بركة
وأعظمه ثوابا وأقربه إجابة
، ويحتمل أن
يريد به الحاج خاصة
؛ لأن معنى
دعاء يوم عرفة في
حقه يصح ، وبه
يختص ، وإن وصف
اليوم في الجملة بيوم
عرفة فإنه يوصف بفعل
الحاج فيه
”Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
’Sebaik-baik doa adalah doa arafah’, artinya dzikir yang paling berkah, yang
paling besar pahalanya, dan yang paling berpeluang mustajab adalah doa ketika
arafah. Kemungkinan yang dimaksud di sini adalah jamaah haji secara khusus.
Karena makna ’doa hari arafah’ untuk para jamaah haji sangat tepat, dan itu
khusus untuk mereka. Dan karena hari itu disebut dengan hari arafah,
disimpulkan dari aktiviti jamaah haji di sana.” (al-Muntaqa Syarh al-Muwatha’,
2/1).
Sementara ulama lain berpendapat bahwa keistimewaan ini
berlaku untuk jamaah haji dan selain jamaah haji. Al-Hafidz Ibnu Rajab (w. 795
H) menyebutkan sebuah riwayat dari jalur Nufai’ Abi Daud, bahwa Ibnu Umar
mengatakan,
إذا كان يوم عرفة
لم يبق أحد في
قلبه مثقال ذرة من
إيمان إلا غفر له
قيل له: أللمعروف خاصة
أم للناس عامة؟ قال:
بل للناس عامة”
“Ketika hari arafah, setiap orang yang memiliki iman seberat
telur semut maka dia akan diampuni.” ada yang bertanya kepada beliau, ’Apakah
khusus untuk yang sedang wukuf di arafah ataukah umum mencakup semua orang?’
“Umum untuk semua manusia.” Jawab Ibnu Umar. (Lathaif al-Ma’arif, hlm. 492).
Pendapat ini pula yang dikuatkan oleh Dr. Sholih al-Fauzan.
Ketika beliau ditanya, apakah keutamaan doa pada hari ‘Arafah khusus bagi para
jamaah haji ataukah umum untuk semua manusia?
Jawaban beliau
الدعاء
يوم عرفة عام للحجاج
وغيرهم لكن الحجاج على
وجه أخص لأنهم في
مكان فاضل وهم متلبسون
بالإحرام وواقفون بعرفة فهم
يعني يتأكد الدعاء في
حقهم والفضل في حقهم
أكثر من غير الحجاج
وأما بقية الناس الذين
لم يحجوا فإنهم يشرع
لهم الدعاء والاجتهاد بالدعاء
في هذا اليوم ليشاركوا
إخوانهم الحجاج في هذا
الفضل
“Doa pada hari ‘Arafah berlaku umum untuk para jamaah haji
dan selain jamaah haji. Akan tetapi, para jamaah haji lebih khusus karena
mereka berada di tempat yang mulia, sedang melaksanakan ihram dan melakukan
wuquf di arafah. Doa untuk mereka menjadi sangat ditekankan. Keutamaan untuk
mereka lebih banyak dari pada selain jamaah haji. Adapun masyarakat lain yang
tidak berhaji, disyariatkan untuk mereka berdoa serta bersungguh-sungguh dalam
berdoa pada hari ini, agar sama-sama mendapatkan keutamaan sebagaimana
saudara-saudara mereka, para jamaah haji.
Selanjutnya, Dr. Al-Fauzan menyebutkan hadis Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam tentang keutamaan doa ketika hari arafah, kemudian beliau
menegaskan,
فالدعاء
مشروع في يوم عرفة
للحاج ولغيره لكنه في
حق الحاج آكد وأفضل
لما هو متلبس به
من المناسك ولما هو
فيه من المكان العظيم
الفاضل وأما الزمان وفضل
الزمان فيشترك فيه الحجاج
وغير الحجاج وأما المكان
فيختص به الحجاج وهو
الوقوف بعرفة.
Oleh karena itu, doa pada hari Arafah disyariatkan untuk
orang yang berhaji dan selainnya. Akan tetapi, bagi orang yang berhaji, lebih
ditekankan dan lebih utama, karena mereka sedang melaksanakan berbagai manasik
dan karena mereka berada di tempat yang agung nan utama. Adapun tentang batas
waktu (hari arafah) dan keutamaan waktu, jama’ah haji dan selain jamaah haji
sama-sama mendapatkannya. Sementara tempat (arafah) hanya khusus untuk jamaah
haji, yaitu wuquf di arafah.” [sumber: http://alfawzan.af.org.sa/node/8980]
Semua kaum muslimin bisa mendapatkan keutamaan hari arafah,
sementara keutamaan padang arafah, hanya dimiliki oleh para jamaah haji yang
sedang wukuf di arafah.
Allahu a’lam